Categories: perspektifpolitik

Buku Teori Hubungan Internasional

Ada satu buku tentang Hubungan Internasional yang menjadi favorit saya ketika kuliah. Judulnya adalah “International Relations Theory” yang disusun oleh Paul R Viotti dan Mark V Kauppi.

Buku ini menjadi pegangan utama saya untuk memahami dan membedah lebih lanjut fenomena-fenomena politik dan hubungan internasional yang terjadi pada waktu itu. Enaknya menjadikan buku ini sebagai pegangan adalah buku ini bukan hanya berisi tulisan dari kedua penyusunnya melainkan merupakan kompilasi dari wacana-wacana penting yang menjadi paradigma besar ilmu politik dan hubungan internasional.

Tak kurang dari ringkasan Leviathan oleh Thomas Hobbes hingga ringkasan Balance of Power nya Hans J Morgenthau ada dalam buku ini. Model kerangka pemikiran berteori dan beranalisis pun disampaikan dalam buku ini.

Bagi saya saat ini, buku inipun masih memiliki relevansi tinggi untuk digunakan dalam memahami berbagai macam perspektif mengenai fenomena sosial-politik yang terjadi. Walaupun beberapa bagian terasa usang karena belum mengakomodir berbagai pemahaman baru mengenai manusia dan teknologi seperti perkembangan neuroscience dan artificial intelligence.

So.. bagi yang berminat, silakan klik pada tombol download di bawah ini. Mungkin bisa membantu untuk memahami arah gerak perubahan peradaban yang sedang terjadi.

 

Recent Posts

3 Kunyuk Ex Covid-19

Tuesday, 21 July 2020, 02.53 Ini kisah nyata. Pertengahan Juli ini, di sebuah warung kopi di bilangan Jalan Sabang, Jakarta Pusat,…

4 years ago

HIkmat Kebijaksanaan

Tiga alinea awal Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mengenai Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Ketiga alinea itu secara singkat dan lugas menyatakan…

6 years ago

Mengapa Kita Tertipu

Kalau kamu pemerhati sejarah, saya yakin kamu sepakat bahwa penipuan terjadi sejak peradaban manusia terbentuk. Dan bila kita jujur, kita…

6 years ago